Masjid Agung Madani Rohul

Masjid Madani Rohul yang terletak di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dibangun di kawasan Islamic Center Pasir Pangaraian merupakan Masjid Terbaik di Riau pada tahun 2015 berdasarkan hasil penilaian tim dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau belum lama ini. Masjid ini telah menjadi masjid kebanggaan masyarakat Rohul, dan telah menjadi ikon daerah yang berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Masjid Madani Rohul ini dapat menampung 15.000 sampai 20.000 jamaah. Masjid Agung ini dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana mulai dari tempat ibadah, penyejuk ruangan, sajadah dari Turki, MCK atau tempat wudhu yang bersih, rapi, dan memadai, sound system dan multimedia sehingga menambah kenyamanan dalam menjalankan ibadah.

Selain itu, Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dihiasi dengan berbagai kaligrafi serta lampu gantung seberat 2 ton yang terbuat dari Pelat Kuningan dari Italia, dan batu hias, Batu Oksi dari Jawa Timur, Batu Akik dari Kalimantan dan Turki, Batu Cris Topas dari Jawa Barat dan Batu Kalimaya dari Banten, kaca lampu Gold Spectrum dari Amerika dan bagian tengah merupakan perisai muslim, bagian pinggir terdapat rantai yang merupakan persatuan umat Islam, 8 bilah pedang sabilillah Khaidir Ali, 16 busur panah Syaidina Ali bin Abi Tholib dan 8 tombak Abu Bakar Assiddiq, ditambah dengan bunga Kusuma lambang kejayaan Islam dan dikelilingi surat Al-Fatihah, surat Al Kafirun, surat Annas serta 99 Asmaul Husna.


Di lingkungan masjid ini, juga terdapat perpustakaan manual maupun digital, poliklinik, ruang audio, aula atau ruang serba guna, dan ruang belajar yang difaslitasi dengan internet. Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Agung Rohul ini adalah Sholat Fardu Lima waktu secara berjamaah, terutama waktu Zuhur dan Ashar, di mana seluruh Pegawai yang berjumlah hampir 3000 orang diwajibkan Sholat berjamaah ke Masjid ini. Kegiatan lainnya adalah ceramah Agama yang dilaksanakan rutin setiap malam Kamis dengan materi dan penceramah yang sudah ditetapkan, yaitu Fiqih oleh Ustad Dr. Mawardi Saleh, Lc. MA, Tafsir oleh Ustad Dr. Musthafa Umar, Hadist oleh Abdul Somad, Lc. MA dan Aqidah oleh Ustad Nurhadi Husein, Lc.


Di samping kegiatan tersebut Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu juga menyelenggarakan buka puasa setiap hari Senin dan Kamis, I’tikaf bersama sekali dalam sebulan serta kegiatan peringatan hari besar Islam, terkhusus bulan Ramadhan disediakan baik sahur atau berbuka untuk 500 orang setiap harinya.