MUKENA KERANCANG

 

Bagi para kaum hawa yang punya keseharian sholat dengan mukena, maka tak ada salahnya menjadikan Mukena Kerancang sebagai oleh-oleh khas kota Padang yang wajib dibeli. Kerancang sendiri merupakan seni menyulam khas Sumatera Barat dengan membentuk kain halus dengan ciri lubang kecil.

Adanya lubang tersebut yang menjadi pembeda dengan sulam yang selama ini dikenal masyarakat. Hasil dari Kerancang adalah kain yang halus nan indah untuk dipandang. Dengan bentuk halusnya itulah membuatnya dikembangkan menjadi berbagai bentuk, salah satunya mukena.

Walaupun kain kerancang bisa dibuat menjadi sarung bantal dan taplak meja, namun membuat mukena dari kain ini membutuhkan waktu dan proses yang amat panjang. Selain dikerjakan secara handmade oleh orang yang harus terampil, pembuatan oleh-oleh khas Padang Panjang ini juga harus benar-benar teliti.

Oleh-oleh khas Padang ini dikerjakan oleh tenaga ahli. Untuk membuat mukena penuh kerancang yang disertai motif hewan, tumbuhan, bahkan kaligrafi bisa memakan waktu dua bulan. Namun untuk mukena biasa, hanya 15 hari pembuatan. Harganya akan sangat melambung tinggi yakni bisa mencapai 400 ribu sampai 2 juta satu stelnya, namun kualitas sangat mumpuni.