TARI LILIN

Tari lilin merupakan sebuah tarian dimana penari membawa lilin lalu menari dengan iringan musik yang diberikan oleh pemusik. Tarian ini sangat identik dengan cerita rakyat Minang yang menjadi asal usul dari tari lilin. Ceritanya mengisahkan seorang gadis yang mengalami permasalahan ketik ditinggal oleh kekasihnya, ia kehilangan cincin tunangannya. Gadis tersebut menggunakan lilin yang ditempatkan pada piring untuk mencari cincin tersebut. Gerakannya yang gemulai dan indah ketika mencari cincin menjadi sumber asal-usul tari lilin.

Gerakan 

Gerakan tari lilin sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan irama musik. Bagian terpenting adalah untuk menjaga lilin tidak jatuh dan tetap menyala. Berikut beberapa gerakannya:

  • Gerakan Tari lilin mencakup berbagai gerakan yaitu:
  • Gerakan tangan memutarkan lilin diatas kepala
  • Bernari berputar dan membentuk lingkaran
  • Berlutut dan membungkukan badan serta memutarkan lilin diatas kepala
  • Mengadah seperti berdoa dan seperti memberikan lilin

Ajang Internasional 

Tari lilin menjadi tarian yang dilakukan oleh mahasiswa Australia loh! Mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari University of Technology Australia, Queensland menarikan tari lilin di Universitas Surabaya beberapa bulan lalu. Mereka hanya berlatih selama 2 jam dan dapat melakukan dengan baik menurut pelatih di Universitas Surabaya.